Delapan Kecamatan Tuntas Verfak

102d26994de7ff31dbca090b434bd021

Proses Verifikasi Faktual (Verfak) dukungan calon perseorangan di Bulungan telah tuntas sebanyak 8 kecamatan. Ditargetkan segera tuntas 10 kecamatan di Bulungan pada Kamis (16/7) mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan Lili Suryani menyampaikan proses verfak yang dilakukan sudah selesai total 8 kecamatan dari 10 kecamatan di Bulungan dengan 233 petugas yang dikerahkan KPU Bulungan. Dengan rincian, sebelumnya 4 kecamatan dan Selasa (14/7) 4 kecamatan. “Tersisa 2 kecamatan yakni Tanjung Selor dan Tanjung Palas Timur diperkirakan tuntas pada 16 Juli mendatang,” ucap Ketua KPU Bulungan Lili Suryani kepada Radar Kaltara, kemarin.

Dijelaskan, untuk 2 kecamatan yang belum rampung memang membutuhkan waktu yang lama. Sebab, jumlah dukungan untuk dua kecamatan ini terbilang banyak. Kemudian, verfak yang dilakukan  benar-benar teliti. Dimana, dokumen pendukung harus siap. Misalnya, pemilik dukungan tidak bisa ditemuai setelah ditunggu hingga pukul 12 dan akhirnya ditetapkan sebagai Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

 
“Seperti saat verfak yang dicari tidak ditemui harus memiliki bukti. Dibuktikan dan dijelaskan alasan mengapa tidak dapat ditemui. Langkah berkoordinasi dengan menghubungi LO apa sudah dilakukan atau belum. Dan itu dibukti dengan pesan singkat atau telepon,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan untuk jadwal rekapitulasi untuk tingkat kabupaten dilakukan pada Senin (20/7) mendatang. Sedangkan untuk kecamatan dimulai sejak tanggal 13  Juli hingga 19 Juli. Sementara yang menjadi kendala saat verfak dilakukan yakni pemilik dukungan tidak ditemui di tempat. Seperti di wilayah hulu mulai dari Peso, Peso Hilir hingga Tanjung Palas Barat. “Jumlahnya sekitar 70 hingga 80 persen tidak ada dilokasi. Dan memang benar data itu ada. Tetapi, pemilik tidak ada lagi kuliah. Jadi kita minta didatangkan hingga batas waktu sebelum diambil keputusan,” bebernya.

Untuk diketahui, hasil verfak ini terdiri tiga hal yakni mendukung, tidak mendukung dan TMS. Untuk mendukung yakni jumlah yang memberikan dukungan dari data verfak. Sedangkan yang menyatakan tidak mendukung saat verfak harus menandatangani lapiran BA 5 KWK. Kemudian, jika TMS saat verfak ada admidistasi data tidak sesuai. Penyebabnya, karena berstatus PNS, TNI, Polri dan perangkat desa.

sumber : https://kaltara.prokal.co/read/news/33852-delapan-kecamatan-tuntas-verfak.html